Kelas: 1TA05
NPM: 14315567
Ilmu Sosial Dasar (Softskill)
Semester 1
TUGAS 1
Ilmu sosial dasar adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah – masalah sosial yang ada di dalam sebuah masyarakat yang bertujuan agar dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social (seperti geografi social, sosiologi, antropologi social,ilmu politik, ekonomi, psikologi social, dan sejarah).
Contoh Ilmu Sosial Dasar :
- Geografi Sosial
- Sosiologi
- Antropologi Sosial
- Ilmu Politik
- Ekonomi
- Psikologi Sosial
- Sejarah
Tujuan ilmu sosial dasar
Tujuan Ilmu sosial dasar adalah memahami dan menyadari adanya kenyataan kenyataan sosial dan masalah-maslah sosial yang ada dalam masyarakat. Sehingga kita dapat lebih peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. Serta untuk menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya). Memahami jalan pikiran dari para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Ruang lingkup ilmu sosial dasar
ilmu sosial dasar mencakup masalah-masalah sosial yang timbul didalam sebuah masyarakat. Untuk menelaah masalah-masalah sosial tersebut hendaknya terlebih dahulu dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tersebut. Sehingga ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas tiga golongan besar yaitu :
- Kenyataan-kenyataan sosial yang ada didalam
masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu
- Konsep-konsep
sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial.
Sumber:
http://voiceofhypocrite.weebly.com/tugas/hubungan-ilmu-sosial-dasar-dan-ilmu-budaya-dasar
3 Golongan Bahan Belajar Ilmu Sosial Dasar Yaitu:
A. Konsep - konsep sosial
dibatasi pada Konsep Dasar atau Elementer saja yang sangat diperlukan untuk
mempelajari masalah - masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan
Sosial.
B. Masalah - masalah sosial
yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan -
kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lain saling berketerkaitan.
C. Kenyataan sosial yang ada
dalam masyarakat secara bersama - sama merupakan masalah sosial tertentu.
" Berdasarkan dari macam-macam buku besar yang telah dijadikan sebagai sumber dan patokannya ilmu penetahuan dibagi menjadi tiga yaitu: Ilmu pengetahuan alam,Ilmu pengetahuan sosial,Ilmu pengetahuan budaya atau biasa disebutnya Ilmu pengetahuan humaniora "
Pengertian ilmu pengetahuan sosialIlmu Pengetahuan Sosial adalah suatu bahan kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, antropologi, dan ekonomi. Puskur (Kasim, 2008:4). Geografi, sejarah, dan antropologi merupakan disiplin ilmu yang memiliki keterpaduan yang tinggi. Pembelajaran geografi memberikan wawasan berkenaan dengan peristiwa-peristiwa dengan wilayah-wilayah, sedangkan sejarah memberikan kebulatan wawasan berkenaan dengan peristiwa-peristiwa dari berbagai priode. Antropologi meliputi studi-studi komparatif yang berkenaan dengan nilai-nilai kepercayaan, struktur sosial, aktivitas-aktivitas ekonomi, organisasi politik, ekspresi-ekspresi dan spiritual, teknologi, dan benda-benda budaya dari budaya-budaya terpilih. Ilmu ekonomi tergolong kedalam ilmu-ilmu tentang kebijakan pada aktivitas-aktivitas yang berkenaan dengan pembuatan keputusan.
Sosiologi merupakan ilmu-ilmu
tentang prilaku seperti konsep peran kelompok, institusi, proses interaksi dan
kontrol sosial.
Kosasi Djahiri (Yaba, 2006:5) menyatakan bahwa
IPS adalah merupakan ilmu pengetahuan yang memadukan sejumlah konsep pilihan
dari cabang ilmu sosial dan ilmu lainnya serta kemudian diolah berdasarkan
prinsip-prinsip pendidikan dan didaktif untuk dijadikan program pengajaran pada
tingkat persekolahan.
Nursid Sumaatmadja (Supriatna, 2008:1)
mengemukakan bahwa "Secara mendasar pengajaran IPS berkenaan dengan
kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya”. IPS
berkenaan dengan cara manusia menggunakan usaha memenuhi kebutuhan materinya,
memenuhi kebutuhan budayanya, kebutuhan kejiwaannya, pemanfaatan sumber yang
ada dipermukaan bumi, mengatur kesejahteraan dan pemerintahannya, dan lain
sebagainya yang mengatur serta mempertahankan kehidupan masyarakat manusia.
Sedangkan menurut Leonard (Kasim, 2008:4)
mengemukakan bahwa IPS menggambarkan interaksi individu atau kelompok dalam
masyarakat baik dalam lingkungan mulai dari yang terkecil misalkan keluarga,
tetangga, rukun tetangga atau rukun warga, desa / kelurahan, kecamatan,
kabupaten, profinsi, Negara dan dunia.
Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan IPS
adalah disiplin-displin ilmu sosial ataupun integrasi dari berbagai cabang ilmu
sosial seperti : sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, dan antropologi yang
mempelajari masalah-masalah sosial.
Tujuan ilmu pengetahuan sosial
Mata pelajaran IPS disekolah dasar marupakan program pengajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi dimasyarakat, memilki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat. Tujuan tersebut dapat dicapai manakala program-program pelajaran IPS disekolah diorganisasikan secara baik.
Dalam kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) 2006 tercantum bahwa tujuan IPS adalah :
A.Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
B.Memilki kemampuan dasar untuk
berpikir logis dan kritis rasa ingin tahu,inkuiri,memecahkan masalah dan keterampilan dalam
kehidupan sosial.
C.Memilki komitmen dan kesadaran
terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
D.Memilki kemampuan untuk
berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakatyang majemuk, ditingkat lokal, nasional dan global.
Sedangkan tujuan khusus
pengajaran IPS disekolah dapat dikelompokkan menjadi empat komponen yaitu:
A.Memberikan kepada Siswa pengetahuan tentang pengalaman manusia dalam kehidupan bermasyarakat pada masa lalu,sekarang dan masa akan datang.
B.Menolong siswa untuk
mengembangkan keterampilan (skill) untuk mencari dan mengolah informasi.
C.Menolong siswa untuk
mengembangkan nilai/sikap demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat.
D.Menyediakan kesempatan kepada
siswa untuk mengambil bagian/berperan serta dalam bermasyarakat.#Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari dasar dasar dari kebudayaan yang bertujuan untuk memberikan suatu pedoman atau suatu arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar akan budaya umum tentang masalah – masalah manusia dalam bidang kebudayaan.(tambahan).
#Ilmu pengetahuan alam adalah adalah suatu pengetahuan teoritis yang diperoleh atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu melakukan observasi eksperimentasi, penyusunan teori, penyimpulan, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait-mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain.(tambahan)
Persamaan Ilmu sosial dasar dan Ilmu pengetahuan sosial
- Keduanya merupakan bahan studi untuk pendidikan.
- Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdidri sendiri.
- keduanya mempunyai pembahasan yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
- keduanya mempunyai pembahasan yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Perbedaan Ilmu sosial dasar dan Ilmu pengetahuan sosial
- ISD diberikan di perguruan tinggi saja sedangkan IPS diberikan dari SD hingga jenjang SMA.
- ISD salah satu mata kuliah tunggal sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran lanjutan.
- ISD diarahkan untuk pembentukan sikap sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan
- ISD diarahkan untuk pembentukan sikap sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan
Sumber(Referensi: Yaba. 2006. Ilmu Pengetahuan
Sosial 1. Progaram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Makassar.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar